Ticker

6/recent/ticker-posts

Hal - hal sederhana yang bisa dilakukan untuk menambah followers di Instagram

Photo by Tofros.com

Meskipun saat ini banyak pengguna media sosial Instagram beralih ke Tiktok tapi Instagram masih menjadi salah satu media sosial favorit buat para kreator untuk mengunggah kontennya.

Banyak konten kreator Instagram yang masih aktif mengunggah konten dan masih mendapatkan engagement yang cukup bagus yang akhirnya meningkatkan jumlah follower mereka.

Follower/subscriber di media sosial saat ini menjadi sangat penting bagi para kreator khususnya yang menggunakan Instagram sebagai bisnis atau tempat mempromosikan produk sendiri atau produk orang lain karena semakin banyak follower semakin besar kesempatan produk yang diiklankan dilihat banyak orang.

Selain membuat konten yang berkualitas, berikut ini beberapa hal sederhana dan mudah dilakukan untuk meningkatkan jumlah follower Instagram akun anda 

1. Perbanyak komentar di akun lain yang sejenis

Berkomentar di akun lain akan meningkatkan jangkauan akun kita, sama seperti halnya blogwalking di dunia blogger, semakin tinggi jangkauan akun kita semakin besar kesempatan mendapatkan follower baru. Perlu diingat adalah sebisa mungkin komentar di akun yang membahas tema yang sejenis, misalkan akun kita banyak membahas tentang makanan maka perbanyak komentar di akun - akun yang juga membahas tentang makanan atau yang berhubungan dengan makanan.

2. Menambahkan hashtag populer sesuai postingan

Menambahkan hashtag di postingan feed atau reels Instagram masih sangat dibutuhkan khususnya untuk akun - akun baru yang ingin menambah followers. Hashtag yang dipakai harus relevan dengan akun kita, jika akun kita membahas bola maka hashtag yang kita gunakan harus berkaitan dengan sepakbola contohnya #sepakbola #striker #offside #kartumerah dll. Hashtag - hashtag tersebut yang nantinya akan dicari para pengguna Instagram untuk mencari informasi seputar sepakbola, jika akunmu muncul dan terlihat menarik tentunya akan banyak yang follow.

3. Berkolaborasi dengan akun lain

Salah satu fitur terbaru Instagram adalah kolaborasi/invite collaborator, fitur ini seperti fitur tag akun, bedanya invite collaborator membutuhkan persetujuan jika ingin tag/invite dan jika disetujui makan postingan akun yang tag akun kita tersebut akan muncul di beranda akun yang di tag. Fitur kolaborasi ini salah satu proses cepat mengenalkan akun baru yang ingin menambah follower.

4. Mempromosikan konten di media sosial lain

Media sosial saat ini banyak sekali dan masing - masing mempunyai fitur berbagi/share ke media sosial lain. Salah satunya blog, twitter, facebook dll bahkan sekarang whatsapp bisa jadi sarana promosi yang efektif apalagi jika kalian punya banyak kontak whatsapp, jika kita merasa punya akun Instagram yang menarik, feed yang keren dan informatif bisa tidak ada salahnya untuk promosi di whatsapp melalui story whatsapp.

5. Perbanyak posting video reels

Semenjak tiktok melesat dan semakin banyak penggunanya membuat media sosial lain berlomba - lomba membuat konsep yang sama yaitu video yang bisa di scroll sampe kiamat tanpa ada ujungnya yang bisa menghentikan hanyalah diri kita sendiri dan saat baterai tiba - tiba habis. Instagram tidak mau kalah dengan mengeluarkan fitur reels yang khusus menampilkan video. Dapat bocoran dari orang dalam Instagram sendiri bahwa mereka fokus memperkenalkan reels dan ingin memperluas jangkauan konten - konten reels, untuk itu akun bertema apapun sangat disarankan untuk sesekali membuat reels. Karena 1 video yang viral bisa menjangkau hingga puluhan juta viewers beda halnya dengan postingan berupa foto yang sulit untuk menembus jutaan viewers.

Itu beberapa hal sederhana yang bisa kita lakukan agar meningkatkan jumlah follower Instagram. Semoga dengan melakukan tips - tips di atas, jumlah follower anda semakin bertambah sebanyak yang anda inginkan.

Post a Comment

0 Comments